Saturday, July 12, 2014

Menu yang Paling Pas Dihidangkan Saat Berbuka Puasa

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat berbuka puasa bagi daerah Palopo dan sekitarnya, tidak terasa kita sudah memasuki hari ke empat belas di Bulan Suci Ramadhan yang sedikit demi sedikit akan meninggalkan kita dan tidak terasa lagi hari kemenangan semakin dekat menghampiri kita semua.
Sehubungan dengan blog catatn kaki edisi ramadhan ini maka saya masih akan memberikan informasi-informasi menarik seputar Ramadhan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai menu yang paling pas dihidangkan saat berbuka puasa.

Pasti teman-teman semua mempunyai menu kesukaan masing-masing saat berbuka puasa, makanan dan minuman yang paling baik untuk berbuka puasa pastinya tidak terlalu mengenyangkan atau makanan yang ringan, sebab lambung kita akan terasa terganggu bila yang kita santap pertama kali makanan yang berat-berat. Berikut ini makanan dan minuman yang baik dan pas untuk berbuka puasa.

1. Air Putih
Minuman yang paling pertama masuk ke perut sebaiknya berupa cairan, salah satunya yaitu air putih. air putih paling baik untuk mengembalkan cairan yang hilang selama kita berpuasa seharian. Kita dapat meminum setidaknya dua gelas air putih pada waktu berbuka puasa.

2. Buah Kurma
Salah satu atau satu-satunya makanan yang paling baik menurut saya disantap saat berbuka puasa yaitu buah kurma. Buah kurma juga disunnahkan oleh Nabi untuk disantap pada waktu berbuka puasa, menurut penelitian buah kurma bagus untuk mengembalikan kekuatan setelah seharian berpuasa. 

3. Air Kelapa
Air kelapa juga sangat baik di santap saat berbuka puasa, air kelapa yang terasa segar jika diminum ini dapat pula mengembalikan cairan yang hilang selama kita berbuka puasa. 

4. Cendol
Cendol merupakan salah satu minuman khas Indonesia, minuman ini banyak dijajakan di sekolah-sekolah akan tetapi sangat banyak dicari pada waktu Bulan Ramadhan tiba. selain mudah didapat, rasa dari minuman ini juga sangat menyegarkan untuk minuman berbuka puasa.

5. Pisang Ijo
Makanan ini merupakan khas dari sulawesi selatan khususnya kota makassar, sebenarnya makanan ini hanya muncul pada Bulan Puasa saja akan tetapi makanan ini sudah banyak dijual oleh para pedagang di luar Bulan Ramadhan. Makanan ini sangat segar sekaligus cukup mengenyangkan sebab disamping pisangnya yang membuat kenyang juga terdapat kuahnya yang membuat segar.

Itu dia beberapa menu berbuka puasa yang pas untuk dihidangkan, berhubung saya mau pergi sholat Tarwih maka saya akhiri sampai disini saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian, jika ingin menambahkan menu kesukaan teman-teman dapat dituliskan ada kotak komentar yang telah tersedia.

No comments:

Post a Comment