Sunday, July 13, 2014

Amalan-Amalan yang Paling Baik Dilakukan Pada Bulan Puasa

Assalamualaikum wr. wb. selamat pagi teman-teman dan selamat menjalankan puasa bagi anda yang menjalankannya termasuk saya. masih dalam blog catatan kaki edisi Ramadhan, saya akan mencoba berbagi kepada teman-teman sekalian tentang amalan-amalan yang paling baik dilakukan pada bulan puasa ini.
Bulan suci Ramadhan merupaka bulan yang penuh rahmat dan ampunan dosa, seluruh umat muslim diseluruh dunia khususnya di Indonesia sangat merindukan datangnya bulan suci ini sebab pada bulan ini Allah SWT akan mengampuni Dosa umat Islam yang berpuasa pada bulan ini dan kita juga belum tau apakah pada tahun berikutnya kita masih dapat diertemukan kembali.

Maka dari itu umat Islam berbondong-bondong untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan memperbaiki Ibadahnya kepada Allah SWT untuk mendapatkan amal sebanyak-banyaknya serta Dosanya dapat diampuni. Sehingga jika Bulan suci Ramadhan ini telah berakhir maka kita dapat kembali dalam keadaan yang suci.

Berikut ini beberapa amalan-amalan yang baik dilakukan pada bulan Ramadhan, menurut yang saya dengar dari penceramah di Mesjid :

1. Membaca Al Qur'an
Amalan yang pertama ini yaitu membaca Al Qur'an, banyak Hadis dari Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang keutamaan dan ganjaran pahala yang akan diberikan oleh Allah SWT jika kita membaca Al Quran dan lebih-lebih jika kita rutin membacanya. Berikut salah satu hadis dari Nabi :
Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Radhiyallahu ‘anhu bersabda :
“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al Qur’an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan dengan sepuluh (pahala). Aku tidak mengatakan ” الم “Alif Laam Mim adalah satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf” (HHR. Tirmidzi)

2. Sholat Lima Waktu
Amalan yang paling baik juga dilakukan pada bulan Ramadhan dan lebih baik lagi jika dilakukan pada diluar bulan Ramadhan yaitu Sholat Lima Waktu. Kita sering sekali lupa akan sholat lima waktu, atau sholat lima waktu kita masih bolong-bolong, akan tetapi berusahalah untuk membuat sholat lima waktu kita itu tepat waktu dan jangan ada lagi bolong-bolongnya sehingga jika kita meninggalkan bulan suci Ramadhan ini kita sudah terbiasa untuk sholat tepat waktu dan tidak bolong-bolong lagi.

3. Menyediakan Menu Berbuka
Amalan yang berikut ini dikhususkan untuk para wanita, Menyediakan menu berbuka puasa setiap hari kepada keluarga juga dapat mendapatkan amal apalagi juga dapat berpartisipasi dalam menyediakan menu berbuka puasa untuk jama'ah mesjid pahalanya akan berlipat ganda.
Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda:
“Barangsiapa menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, niscaya ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Ahmad dan An-Nasai serta dinyatakan shahih oleh Al-Albani)

4. Menyediakan Menu Sahur
Selain menyiapkan menu berbuka puasa, wanita juga akan diberikan pahala pada saat menyiapkan menu sahur untuk keluarga lebih-lebih lagi untuk sesamanya umat muslim yang sedang menjalankanibadah puasa.

Itulah beberapa amalan-amalan yang dapat kita lakukan pada bulan suci Ramadhan ini, sebenarnya masih banyak lagi akan tetapi saya sudah lupa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan sedikit pencerahan kepada teman-teman sekalian yang sedang menjalankan ibada puasa. 

Jika teman-teman mempunyai amalan-amalan lainnya yang biasa dilakukan pada bulan Ramadhan ini, silahkan dibagi bersama kami semua dengan cara menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia dibawah.

No comments:

Post a Comment