Thursday, July 31, 2014

Makanan Khas Saat Hari Raya Idul Fitri

Assalamualaiku wr. wb. dan selamat pagi para pengunjung setia blog catatnKaki06 yang baik hatinya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman mengenai menu makanan yang sering dan sudah menjadi khas saat Hari Raya Idul Fitri. O iya kami segenap pengurus blog catatanKaki06 mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Mohon maaf kalau ucapannya telat akan tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, betul tidak?
Walaupun Hari Raya Idul Fitri 1435 H sudah berlalu sekitar sehari yang lalu, akan tetapi kita masih merasakan suasana Lebaran sekitar sebulan kedepan. Kalau membicarakan tentang makanan pada saat Lebaran pasti tidak akan habisnya, sebab banyak sekali makanan-makanan yang disajikan pada saat Hari Raya bahkan sebagian makanan tersebut menjadi makanan yang khas dan selalu disajikan saat Lebaran.

Berikut ini saya akan berbagi kepada teman-teman mengenai makanan-makanan khas Hari Raya Idul Fitri 1435 H, yang selalu disajikan dirumah saya.

Ketupat
Ketupat merupakan salah satu makanan khas saat hari raya idul fitri, bahkan ketupat ini dijadikan maskot atau ikon pada saat menjelang lebaran. makanan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat akan tetapi untuk membuat kulit atau bungkusannya sangatlah susah, jika teman-teman tidak mau repot untuk membuat kulitnya dapat dibeli dipasar.

Burasa'
Burasa' atau buras merupakan salah satu makanan khas lebaran dari Sulawesi Selatan, Makanan ini dapat dimakan langsung atau juga dapat dimakankan dengan opor ayam dan rasanya sangat lezt sebab terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan yang dimasak setengah masak setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dimasak lagi dengan menggunakan air selama 3 sampai 6 jam.

Lappa'-Lappa'
Makanan yang satu ini sangat khas pada saat saat lebaran dan berasal dari Luwu Raya, Sulawesi Selatan. cara membuatnya sama dengan membuat buras akan tetapi pembungkusnya dibuat dari daun kelapa yang amsih muda dan dibentuk dengan bentuk tertentu sehingga dapat dijadikan pembungkusnya. Lappa'-Lappa' dimakan dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah yang biasanya disebut dengan cangkuli.

Opor Ayam
Pasti semua orang mengenal makanan ini, yah opor ayam merupakan salah satu makanan khas lebaran yang sangat terkenal dan seperti ketupat, makanan ini juga menjadi maskot atau ikon dari hari raya idul fitri.
Itulah beberapa makanan khas saat Hari Raya Idul Fitri, jika teman-teman mempunyai makanan khas saat lebaran silahkan berbagi kepada kami dengan cara menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia dibawah.

No comments:

Post a Comment