Thursday, August 29, 2013

Tips Aman Berkendara Roda Dua

Banyak kita dengar dan melihat di media cetak maupun media elektronik bahwa akhir-akhir ini kecelakaan lalu lintas banyak terjadi utamanya kecelakaan pada pengguna roda dua atau sepeda motor. hal itu terjadi sebagian besar disebabkan oleh kesalahan pengendara itu sendiri dan hanya sebagian kecil yang disebabkan faktor lain. maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menerangkan apa saja tip-tips aman dalam mengendarai kendaraan bermotor khususnya pada sepeda motor
1. Memakai Helm
Tidak memakai helem bagi pengendara sepeda motor merupakan tindakan yang harus dihindari, sebab jika kita tidak memakai helem maka sangat berbahaya bagi keselamatan kita. lagi pula sebagian besar kematian akibat kecelakaan bermotor khususnya pada sepeda motor di dominasi oleh pengendara yang tidak memakai helm saat berkendara.

2. Nyalakan Lampu Saat Berbelok
Ini juga yang sering menimbulkan kecelakaan yaitu tidak menyalakan lampu peringatan untuk berbelok, saya sendiri pernah mengalaminya, saat ada tukang ojek yang mau berbelok dia tidak menyalakan lampu sehingga saya hampir menabraknya. maka dari itu sebaiknya jika ingin berbelok lampu peringatan sebaiknya dinyalakan. satu lagi, jangan lupa mematikan lampu peringatan belok setelah berbelok karena akan memusingkan pengendara lain yang ada dibelakan kita.

3. Jangan Mengangkat Telepon
Hal ini banyak saya lihat jika sedang mengndarai motor saya sepulang kerja, banyak orang yang mengangkat telepon sambil mengendalikan sepeda motornya dan telpon genggamnya di selipkan di antara helem dan telinga. hal ini juga sangat berbahaya karena konsentrasi kita terbagi dua antara menelpon dan mengendalikan motor.

4. Jangan Berboncengan Lebih Dari Dua
Pada umumnya sepeda motor diperuntukkan untuk dua orang saja, namun aneh tapi nyata sepeda motor di naiki sampai empat orang, khususnya anak-anak sekolah jika sudah pulang sekolah pasti mereka berboncengan tiga bahkan empat apa lagi mereka tidak menggunakan helm.

5. Kurangi Kecepatan
Sebaiknya jika mengendarai kendaraan bermotor khususnya sepeda motor kecepatannya dikurangi sebab hal tersebut sangat rawan terjadinya kecelakaan bermotor yang menimbulkan kematian bagi pengendaranya.

Sekian dulu tips-tips yang dapat diikuti agar aman saat berkendara, jika anda punya tips lainnya silahkan dibagi dengan cara menuliskannya di kotak komentar yang ada di bawah. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan pengunjung blog ini, nantikan dan ikuti terus artikel-artikel menarik lainnya dari kami http://catatankaki06.blogspot.com/. (Wassalam)

No comments:

Post a Comment