Wednesday, July 23, 2014

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi Agar Selamat Sampai Tujuan

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat pagi teman-teman pengunjung setia blog catatankaki06, apakah teman-teman sedang merencanakan untuk mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi? kalau begitu teman-teman mesti membaca dulu tips-tips mudik menggunakan kendaraan pribadi agar selamat sampai tujuan yang akan saya bagi kepada teman-teman.
Menggunakan kendaraan pribadi saat mudik banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, banyak manfaat yang bisa didapat dengan mudik menggunakan kendaraan pribadi misalnya irit dalam ongkos, akan tetapi disamping manfaat yang didapat juga banyak resiko yang mengintai para pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ini. Resiko yang paling nyata ialah kecelakaan bermotor yang biasanya banyak terjadi saat arus mudik.

Dari data yang telah kami dapat dari berbagai sumber yang ada pada tahun 2013 yang lalu tingkat kecelakaan bermotor pada saat arus mudik mencapai 3.061 kecelakaan, ada yang mengatakan bahwa angka kecelakaan tersebut menurun dibandingkan tahun 2012 akan tetapi dengan jumlah kecelakaan tersebut masih sangat tinggi.

Untuk menghindari keadaan-keadaan yang tidak diinginkan maka ada baiknya teman-teman membaca dulu tips agar mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi selamat sampai tujuan.

1. Periksa kondisi kendaraan teman-teman
Hal ini sangat penting dilakukan sebelum melakukan mudik, apakah kendaraan kita beroda dua, roda tiga ataupun beroda empat kondisinya harus diperiksa dan pastikan dalam kondisi yang sangat prima. ada baiknya satu hari sebelum melakukan mudik kendaraan pribadi kita dibawa ke bengkel untuk di periksa kondisinya.

2. Siapkan kondisi dan mental
Dalam melakukan mudik pasti memerlukan kondisi tubuh yang prima dan mental yang bagus sebab teman-teman akan melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk mudik. Sebaiknya jaga kesehatan serta kondisi tubuh teman-teman sebelum melakukan perjalanan mudik, dan jangan lupa pula mempersiapkan mental.
3. Usahakan beristirahat
Setelah melakukan perjalanan sebaiknya teman-teman beristirahat sekurang-kurangnya sekali dalam 4 jam, hal ini berfungsi agar stamina tubuh teman-teman tidak cepat capek dan yang paling penting teman-teman tidak mengantuk pada saat melakukan perjalanan.

4. Disiplin dan patuhi rambu-rambu yang ada
hal ini juga sangatlah penting, sebab banyak sekali kecelakaan yang disebabkan karena pengemudi kendaraan tersebut tidak disiplin dan tidak pula mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, contohnya pengendara motor yang membawa muatan melebihi dari yang seharusnya, hal ini dapat menimbulkan masalah bagi si pengendara tersebut.

Itulah beberapa tips yang semoga dapat berguna bagi teman-teman yang sedang atau sementara ini merencanakan untuk melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi. nantikan terus artikel-artikel menarik dan bermanfaat lainnya dari kami.

Jika teman-teman ingin berbagi tips lainnya mengenai mudik ini silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersdia dibawah. Jangan lupa pula bagi teman-teman yang mempunyai alamat blog silahkan menuliskan pula alamat blognya agar kami dapat berkunjung dan memberikan komentar balik pada blog teman-teman.

No comments:

Post a Comment