Monday, December 1, 2014

Gaji Pertama dari Google Adsense

Assalamualikum wr. wb. dan selamat pagi pengunjung blog catatankaki dimanapun berada serta kebetulan membaca artikel ini. Alhamdulillah pada minggu lalu tepatnya hari selasa tanggal 25 saya menerima pembayaran pertama dari Google Adsense, jumlahnya lumayan banyak  untuk saya.
Pada artikel ini saya akan bercerita kepada teman-teman sekalian pengalaman pertama saya mencapai batas pembayaran adsense sebesar $100. Dan Insya Allah pada artikel selanjutnya saya akan bercerita mengenai perjalanan selama menjadi publisher adsense dari tahun 2012 hingga saya mendapat pendapatan pertama saya dari Google Adsense ini.

Cerita ini saya mulai dari sekitar dua bulan yang lalu, pada bulan September. Pada akhir bulan September sebenarnya saldo adsense yang saya punya sudah mencapai $100, akan tetapi nomor PIN belum sampai yang berakibat iklan adsense yang ada di semua blog saya itu hilang untuk sementara. Iklan saya tidak muncul kira-kira selama dua minggu.

Selama sekitar dua minggu itu saya mengajukan permohonan pengiriman ulang nomor PIN ke Google adsense, sebenarnya saya bukan pertama kalinya mendapat nomor PIN dari Google Adsense sebab pada akun saya sebelumnya saya telah mendapatkan nomor PIN google adsense dengan mencantumkan alamat yang sama, akan tetapi yang sekarang ini nomor PINnya tidak kunjung dating padahal memakai alamat yang sama dengan yang lalu.

Setelah saya mengajukan permohonan yang kedua tetapi belum datang juga, akhirnya saya menahan permohonan ketiga ini sambil memikirkan alamat baru yang bisa dan dapat terjangkau oleh Pak Pos. Sambil mencari-cari dan memikirkan alamat yang bagus, saya membaca-baca status yang dikirim oleh teman-teman sesama publisher adsense di Grup Facebook Google Adsense Indonesia. Pada salah satu kiriman ada teman yang menyinggung mengenai nomor PIN, akan tetapi dalam kirimannya pada intinya ia mengatakan bahwa akun adsense dapat terferivikasi tanpa memasukkan nomor PIN melainkan dengan mengirimkan scan KTP saja.


Setelah saya membaca kiriman teman tersebut saya berpikir apa bisa begitu? Akhirnya saya mencobanya, kebetulan tidak ada juga alamat yang saya dapat waktu itu. Singkat cerita ternyata yang dikatakan teman tersebut benar adanya dan Alhamdulillah keesokan harinya setelah saya mengirim scan KTP ada email masuk dari Google Adsense yang mengatakan bahwa akun saya telah terferivikasi. Saya sangat senang waktu itu dan semangat lagi untuk mencari dan membuat artikel baru berharap mendapatkan gaji pertama dari Google Adsense.

Pada bulan oktober semua berjalan lancer dan tanpa hambatan, hanya pengunjung blog dan pendapatan per hari saja yang mengalami penurunan sedikit. Pada bulan November, tepatnya tanggal 1 Alhamdulillah lagi bahwa saldo Google Adsense saya telah mencapai ambang pembayaran yaitu $100. Singkat cerita lagi, karena ini merupakan pengalaman pertama saya mencapai $100, saya mengira jika setiap tanggal 22 atau 23 pasti nomor pengiriman Western Union sudah dikirim oleh Google Adsense kea kun adsense kita padahal tidak, sebab pada tanggal tersebut jatuh pada akhir pekan sabtu dan minggu sedangkan pada sabtu dan minggu Google Adsense libur.

Saya sangat was was akan hal tersebut, sebab banyak cerita yang saya baca bahwa ada yang akun adsensenya tiba-tiba di nonaktifkan padahal sebentar lagi mau gajian. Akhirnya saya berkunjung lagi ke grup facebook Google Adsense Indonesia dan melihat-lihat kiriman, ternyata teman-teman di grup tersebut belum juga ada yang PI pada kiriman tersebut juga saya mengetahui bahwa jika tanggal 22 atau 23 jatuh pada akhir pekan maka pembayarannya akan dikirmkan pada hari senin waktu Amerika dan hari selasa waktu Indonesia.

Singkat cerita saatnya menerima pembayaran, setelah memprint nomor pengiriman Western Union dan berkemas langsung menuju ke kantor Pos terdekat. Di kantor POS saya langsung menuju ke loket western union dan ternyata kebetulan yang bertugas hari itu merupakan teman saya, hehehehehe…. Jadi pengurusannya lancar tanpa hambatan dan tanpa mengisi formulir-formulir apa pun sebab teman saya sendiri yang mengisinya,  hehehehe….

Itulah pengalaman pertama saya dalam menerima gaji pertama dari Google adsense. Bagaimana dengan pengalaman teman-teman sekalian? Silahkan menceritakannya pada kotak komentar yang ada dibawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian, sekian dan terima kasih. Wassalam…

6 comments:

  1. wah kapan ya saya bisa mencairkan adsense saya padahal saldonya sudah 1200$ sekian. masalahnya PIN nya belum nonggol ampe sekarang, sepertinya harus di coba lagi mengajukan pin yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak banget gan., dari berapa bulan tuh sampai terkumpul $1200.... iya gan mending ngajuin lagi aja, kalo udah 3 kali ngajuin tapi PINnya belum datang juga agan kirim scan KTP aja...,

      Delete
  2. Replies
    1. semangat gan daftarnya., jangan lupa blognya juga ditambah pengunjungnya..

      Delete
  3. gan apakah setiap gajian harus ferivikasi pin atau gimana? terus kalau gajian bisa di ambil di kantor pos mana aja kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ferivikasi pin cuma satu kali saja gan, yaitu ketika pendapatan pertama kita sudah $10.. dikantor pos mana saja asal ada logo western unionnya.

      Delete