Friday, September 6, 2013

Perlakuan Pasca Panen Pada Buah Kakao

Buah Kakao yang sering juga kita sebut dengan buah cokelat merupakan bahan baku pembuatan cokelat yang biasa kita konsumsi, banyak para petani yang menanamnya sebab komoditas ini merupakan salah satu andalan Indonesia yang di ekspor keluar negeri setelah tanaman cengkeh. maka dari itu kualitas biji kakao kering sangat diperhatikan sebab hanya biji kakao yang berkualitas tinggi saja yang diekspor keluar negeri sedangkan yang kualitas rendah tidak akan diekspor atau hanya untuk pasar lokal saja.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "usaha tani" berikut ini :
Tapi masih banyak petani yang tidak memperdulikan mengenai kualitas biji kakao kering tersebut khususnya petani yang tidak terjangkau oleh para penyuluh, sering saya melihat petani yang langsung menjemur biji kakao setelah mengeluarkannya dari dalam kulit buah kakao tersebut.

Biji kakao sebaiknya jangan langsung dijemur setelah dikeluarkan dari kulit buahnya, melainkan biji tersebut di didiamkan dulu selama kurang lebih satu atau dua hari agar biji tersebut berfermentasi, fungsinya yaitu setelah kering kadar air yang ada dalam biji tersebut akan sangat berkurang dibandingkan jika biji yang langsung dikeringkan setelah dikeluarkan dari kulit buahnya.

Selain itu jika biji kakao difermentasi aroma cokelat pada biji kakao akan sangat kuat sehingga menambah kualitas biji tersebut. Maka dari itu penanganan pasca panen pada biji cokelat yaitu setelah dikeluarkan dari kulit buahnya, biji kakao tersebut harus didiamkan selama satu atau dua hari untuk berfermentasi.

Sekian dulu artikel saya pada kesempatan kali ini, jika anda ingin menambahkan atau sekedar ingin bertanya dan mengkritik silahkan tilis pada kotak komentar yang ada disebelah bawah. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian khususnya para petani kakao agar meningkatkan kualitasnya disamping itu dapat pula meningkatkan kuantitasnya, nantikan dan ikuti terus artikel bermanfaat lainnya dari kami http://catatankaki06.blogspot.com/. (Wassalam)

No comments:

Post a Comment