Thursday, August 6, 2015

Pengertian Tanaman Pangan

tanaman pangan kacang-kacangan
Pernahkah anda memakan nasi, jagung, pisang atau umbi-umbian ? makanan tersebut termasuk kedalam tanaman pangan sebab bahan makanan tersebut dapat menyuplai kebutuhan karbohidrat dalam tubuh, karbohidrat merupakan penghasil energi untuk kita dapat beraktivitas sepanjang hari. Jadi itu tanaman pangan ?
Dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa, pengertian tanaman pangan adalah tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan sehari-hari yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat didalam tubuh. Bisa dibilang bahwa bahan makanan ini merupakan hal yang paling harus ada pada saat kita makan, walaupun sebagian orang mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat karena alasan takut gemuk.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis tanaman pangan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan penghasil karbohidrat, yang paling utama adalah nasi, nasi berasal dari tanaman padi. Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, kurang lengkap rasanya makan jika tidak memakai nasi.

Lalu bagaimana jika tidak ada nasi ? nasi dapat diganti dengan tanaman pangan lainnya yang pastinya fungsinya sama dengan nasi yaitu sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh. Contoh tanaman pangan lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti nasi adalah Jagung, Pisang dan umbi-umbian (kentang, ubi kayu, ubi jalar, dan lain-lain).

O iya, kacang-kacangan juga termasuk ke dalam tanaman pangan sebab kacang-kacangan juga mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, tanaman yang termasuk kacang-kacangan adalah kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah, kacang polong dan lainnya.

Di Papua, makanan pokoknya adalah ubi jalar atau ubi manis sebab disana belum banyak yang bertanam padi, lagi pula susah untuk menanam padi dilahan yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian tanaman pangan, semoga dapat menambah wawasan kita semua dalam hal mengenal tanaman, jika ada kesalahan dalam penjelasan diatas sama mohon maaf dan saya juga dengan senang hati menunggu koreksi dari teman-teman pembaa sekalian.

No comments:

Post a Comment