Friday, August 7, 2015

Pengertian Tanaman Palawija

Gambar tanaman palawija, kedelai [Image by www.bisnisaceh.com]
Pasti diantara para pembaca sekalian sering mendengar atau membaca kata Palawija, apa sebenarnya palawija ini ? Palawija dapat diartikan sebagai tanaman kedua atau sekunder, maksud dari tanaman kedua atau sekunder ini adalah tanaman palawija merupakan tanaman hasil pertanian selain tanaman pokok.

Akan tetapi seiring perkembangan waktu, tanaman palawija sekarang dapat diartikan sebagai semua tanaman pertanian semusim yang dibudidayakan pada lahan kering. Misalnya kacang tanah, jagung, ketela pohon, kedelai, dan umbi jalar.

Tanamn palawija ini dapat diusahakan bersama dengan tanaman pokok untuk menambah penghasilan atau dapat pula dikonsumsi sendiri. Misalnya pada lahan persawahan yang tanaman utamanya adalah padi, kita dapat pula menanam tanaman palawija di pematang-pematangnya, seperti jagung, kacang panjang, kacang tanah dan lainnya.

Selain itu, pada saat musim kemarau yang membuat tanaman padi susah untuk tumbuh, tanaman palawija dapat menjadi penyelamat bagi petani. Dengan menanam tanaman palawija maka penghasilan atau bahan makanan selama musim kemarau atau musim paceklik tidak akan berkurang.

No comments:

Post a Comment