Thursday, August 6, 2015

Macam-Macam Tanaman Obat-Obatan

Gambar tanaman obat temulawak
Tanaman obat merupakan tanaman yang diketahui beberapa bagian-bagiannya mempunyai khasiat dalam menyembuhkan penyakit tertentu, bagian-bagian tanaman tersebut seperti kulit, akar, batang, buah, daun serta bunganya.

Indonesia terkenal kaya akan tanaman obat-obatan yang mempunyai khasiat yang setara bahkan lebih baik dari pada obat-obatan kimia. Bahkan masih banyak lagi tanaman obat yang ada di Indonesia yang belum diketahui, bisa saja tanaman yang belum ditemukan tersebut merupakan obat dari beberapa penyakit yang belum ada obatnya.

Karena khasiatnya yang sama dengan dengan obat kimia, sekarang ini banyak orang-orang yang membudidayakan tanaman obat dipekarangan rumahnya sebagai cadangan jika mereka menderita penyakit yang dapat diobati dengan tanaman obat dari pada membeli obat di apotek. Membudidayakan tanaman obat juga dapat irit biaya pengobatan.

Jika anda tertarik juga untuk membudidayakan tanaman obat dipekarangan rumah, berikut ini saya berikan informasi mengenai beberapa tanaman obat yang dapat dibudidayakan di pekarangan rumah beserta khasiatnya.
  1. Tanaman Kunyit ( Curcuma Domestica Val. ), sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.
  2. Seledri (Apium Graviolens), sebagai Obat Asam Urat.
  3. Mengkudu (Morinda Citrifolia), bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner.
  4. Lidah Buaya (Aloe Vera), sebagai Obat Kanker.
  5. Belimbing (Averrhoa Carambola), mejadi Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi.
  6. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza), sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu dan pencegah kanker hati.
  7. Jarak (Ricinus Communis), Bijinya Banyak digunakan untuk Obat Kangker Rahim, Hernia, Rematik, TBC dsb.
Itulah beberapa tanaman obat yang banyak dibudidayakan oleh orang-orang, sebenarnya masih banyak lagi macam-macam tanaman obat lainnya. Jika anda ingin menambahkan tanaman obat yang lainnya, silahkan berbagi kepada kami dengan menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia dibahwah.

2 comments:

  1. Wah tambah ilmu kalau baca artikel ini. Jangan lupa kunjungi kami juga ya Obat Rx24

    ReplyDelete
  2. Izin Share Ya admin. Jangan lupa kunjungi kami juga ya ANabolic Rx24

    ReplyDelete