Friday, August 7, 2015

Macam-Macam Tanaman Untuk Peneduh

Gambar pohon peneduh Ki Hujan
Bayangkan jika kita berjalan disiang hari yang sangat panas menyusuri jalan yang tidak mempunyai pohon-pohon disepanjang jalan tersebut, pasti kita merasa sangat panas dan akan mencari tempat untuk berteduh dari panasnya sinar matahari.

Memang tanaman peneduh mempunyai banyak sekali manfaat, selain untuk mempercantik jalan, tanaman peneduh yang biasanya merupakan sebuah pohon dapat membuat suasana terasa teduh dan asri. Manfaat lainnya dari pohon peneduh ialah dalam pertanian digunakan sebagai peneduh untuk beberapa tanaman yang masih dalam pertumbuhan, misalnya tanaman kakao.

Tanaman kakao pada saat pertumbuhannya perlu ditanamkan tanaman pelindung atau peneduh disekitar tempat yang akan ditanamnya, agar sinar matahari tidak langsung menyinari tanaman kakao tersebut.

Tanaman untuk peneduh mempunyai jenis yang bermacam-macam, jenis tanaman peneduh ini dibedakan sesuai dengan tempat dimana mereka akan dijadikan sebagai tanaman peneduh. Nah berikut ini beberapa macam tanaman untuk peneduh.
  1. Beringin (Ficus benjamina), merupakan tanaman peneduh yang baisanya ditanam dipekarangan rumah, tanaman ini biasanya juga dijadikan sebagai objek untuk membuat bonsai. Ciri-ciri khas dari tanaman ini adalah akar yang bergelantungan dirantingnya.
  2. Kemboja (Plumeria), satu lagi tanaman peneduh yang baisanya ditanam dipekarangan rumah dan juga banyak kita temui di pemakaman untuk sebagai peneduh kuburan. Kemboja mempunyai bunga yang sangat indah dan wangi, warnanya ada yang putih hingga kemerahan.
  3. Ketapang (Terminalia catappa), tanaman ini juga banyak ditanam oleh orang sebagai tanaman peneduh, jika dilihat sekilas tanaman ini mempunyai bentuk yang bersusun-susun seperti payung. Dengan bentuk daun yang lebar, Ketapang sangat pas dijadikan sebagai tanaman pelindung.
  4. Ki hujan (Albizia saman (Jacq.) Merr. sinonim Samanea saman (Jacq.) Merr.), tanaman ini sangat banyak ditanam sebagai tanaman peneduh untuk jalan raya. Tanaman ini memang cocok sebagai peneduh jalan karena pencabangannya yang melebar dan dapat diarahkan ke tengah jalan sehingga tanaman ini menaungi sepanjang jalan tersebut.
  5. Pohon Lamtoro, Pada umumnya leucaena dapat dianggap baik atau katakanlah paling baik bila dibandingkan dengan jenis pohon pelindung lainnya. Perakarannya dalam, akar sampingnya sedikit. Karena bijinya banyak dan akarnya dalam, pemberantasan biji-biji yang tumbuh akan merupakan suatu kesulitan.
  6. Pohon Sengon, Tumbuhnya cepat, dapat ditanam dari biji. Pohonnya memang lama besar. Dengan demikian memerlukan jarak 20 – 25 m satu sama lainnya ini pun kadang kala masih bisa bertemu daun-daunnya. Kelemahannya terletak pada kayunya yang sangat lunak dan mudah sekali patah terkena angin. Kalau sampai roboh akan merusak pohon-pohon cokelat yang ada disekitarnya.
  7. Pohon Gliricidia, Tumbuhnya cepat, penaungan ringan, gampang diatur, mudah ditanam dari stek. Setelah berbunga atau kalau mau berbunga daunnya rontok.
  8. Pohon Dadap, Pohon dadap banyak berduri, pada musim kemarau daunnya rontok, fungsi penaung , justru sewaktu dibutuhkan hilang. Pertumbuhan sukar dikendalikan, tapi cepat menutup dan produksi daun banyak.
Itulah beberapa macam tanaman untuk peneduh, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Jika ada diantara pembaca sekalian yang mengetahui jenis tanaman untuk peneduh lainnya, silahkan berbagai kepada kami dengan menuliskannya di kotak komentar disebelah bawah postingan ini.

No comments:

Post a Comment