Thursday, August 6, 2015

Pengertian Tanaman Obat

Gambar tanaman obat mengkudu
Tanaman obat sekarang ini telah banyak di budidayakan oleh orang-orang, mereka sudah mulai beralih dari obat kimia ke obat-obatan alami, walaupun untuk beberapa penyakit masih menggunakan obat-obatan kimia. Apa sebenarnya tanaman obat itu ?

Menurut banyak sumber, tanaman obat ialah tanaman yang diketahui beberapa bagiannya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu, bagian-bagian tanaman obat tersebut seperti daun, akar, umbi, bunga bahkan kulit batangnya. Salah satu tanaman obat yang biasa digunakan yaitu jambu biji.

Jambu biji dikenal sebagai tanaman buah yang mempunyai buah yang enak dan merupakan tanaman kualitas eksport, dibalik buahnya yang enak, buah jambu biji dipercaya secara turun temurun dapat mengobati penyakit demam berdarah. Selain buah, daun jambu biji juga sangat efektif mengobati penyakit diare atau mencret-mencret.

Selain jambu biji, kita juga mengenal tanaman obat lainnya seperti mengkudu. mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang mempunyai banyak sekali khasiat. Biasanya yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah buahnya walaupun pada daunnya juga mempunyai khasiat dalam menyembuhkan penyakit.

Sebenarnya masih banyak lagi tanaman-tanaman obat lainnya yang ada, bahkan masih banyak lagi tanaman obat lainnya yang belum diketahui dan diteliti, bisa saja terdapat tanaman obat disekitar rumah kamu.

Sekian dulu informasi dari saya pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua dalam hal memanfaatkan tanaman obat untuk dijadikan sebagai obat alami dalam menyembuhkan penyakit dan tidak ketergantungan dengan obat-obat kimia.

No comments:

Post a Comment