Saturday, May 2, 2015

Contoh Tanaman Pangan

Kentang contoh tanaman pangan
Pengertian tanaman pangan adalah tanaman yang dimanfaatkan sebagai pangan atau makanan sehingga memenuhi protein dan karbohidrat dalam tubuh. Jenis tanaman ini sangat banyak dan banyak pula dibudidayakan oleh petani untuk dijual ataupun untuk dijadikan sumber pangan sehari-hari.
Beberapa contoh tanaman pangan yaitu Padi, Gandum, Jagung, Kacang tanah, Kedelai, Ubi Jalar, Singkong, Kentang dan lain sebagainya.

Rata-rata tanaman tersebut merupakan tanaman semusim atau tanaman musiman yang jangka waktunya untuk menghasilkan atau berproduksi sangat singkat, sekitar tiga bulan. Tanaman padi merupakan tanaman pangan yang perannya tidak tergantikan, oleh sebagian masyarakat indonesia padi yang diolah menjadi beras merupakan sumber karbohidrat utama.

Lain halnya dengan sebagian masyarakat indonesia yang berada dibagian timur, tepatnya di Papua yang rata-rata makana pokoknya adalah umbi-umbian walaupun ada sebagian yang telah memakan nasi akan tetapi sebagian besar penduduknya memanfaatkan umbi-umbian sebagai sumber pangan utama.

No comments:

Post a Comment