Friday, August 7, 2015

Macam-Macam Tanaman Peneduh Pekarangan

Gambar pohon pelindung pekarangan, pohon ketapang
Rumah yang halamannya tidak mempunyai pohon atau tanaman peneduh akan terasa sangat panas pada siang hari, selain itu akan kurang sedap dipandang mata jika pekarangan rumah tidak mempunyai sesuatu yang tumbuh. Maka dari itu sangatlah penting jika kita menanam tanaman dipekarangan kita.

Tanaman pelindung merupakan salah satu pilihan untuk ditanam dipekarangan rumah, selain untuk mempercantik rumah, tanaman pelindung juga bagus untuk melindungi rumah kita dari sinar matahari langsung supaya rumah kita tidak panas.

Ada banyak sekali pilihan tanaman peneduh yang dapat kita tanam dipekarangan rumah kita, jika pekarangan rumah anda lumayan luas, sebaiknya menanam tanaman pelindung yang berupa pohon-pohon yang tinggi. Sebaliknya jika pekarangan rumah anda kurang luas, anda bisa menanam tanaman peneduh yang ukurannya tidak terlalu tinggi tapi rimbun.

Berikut ini saya berikan sedikit informasi beberapa macam pilihan tanaman peneduh yang dapat anda tanam dipekarangan rumah.
  1. Beringin (Ficus benjamina), beringin sangat cocok ditanam dipekarangan rumah yang cukup luas. Tanaman ini mempunyai cabang yang panjang dengan daun-daun yang rimbun, sehingga dapat meneduhkan sekitar tanaman ini. Jika anda ingin menanamnya sebaiknya cukup 1 saja, sebab tanaman ini mempunyai ukuran yang sangat besar.
  2. Kemboja (Plumeria), tanaman yang mempunyai bunga yang sangat indah ini sangatlah pas ditanam dipekarangan rumah. Bentuknya yang sangat bagus dapat menambah keindahan dari rumah kita jika dilihat.
  3. Ketapang (Terminalia catappa), Ketapang juga cocok sekali jika digunakan sebagai tanaman peneduh dipekarangan rumah, bentuknya yang unik menyerupai payung dapat menanungi rumah anda dari pancaran sinar matahari.
  4. Ki hujan (Albizia saman (Jacq.) Merr. sinonim Samanea saman (Jacq.) Merr.), tanaman yang satu ini mempunyai ukuran yang besar dan pertumbuhan yang cepat, sangat bagus ditanam pada pekarangan rumah yang cukup luas. Daunnya sangat lebat dan ditunjang dengan ranting yang melebar membuat tanaman ini sangat baik sebagai tanaman peneduh.
  5. Tanaman Buah-buahan, ada beberapa jenis tanaman buah-buahan yang cocok anda tanam sebagai tanaman peneduh pekarangan di rumah anda, seperti rambutan, mangga, jambu, durian, tapi yang paling sering digunakan yaitu pohon rambutan dan mangga. Ada beberapa manfaat menggunakan tanaman buah sebagai tanaman peneduh, selain menjadi peneduh dari sinar matahari buahnya juga bisa diambil dan dikonsumsi.
Itulah beberapa tanaman peneduh pekarangan yang dapat anda tanam dipekarangan rumah anda sebagai peneduh dari sinar matahari, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari pohon pelindung untuk pekarangan rumah.

Dan jika anda diantara pembaca yang mempunyai tanaman peneduh pekarangan pilihan, silahkan dibagikan kepada kita semua dengan cara menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia dibawah.

No comments:

Post a Comment