Saturday, May 2, 2015

Ciri-Ciri Tanaman Pangan

ciri ciri tanaman pangan
Tanaman atau tumbuhan mempunyai jenis-jenis yang sangat banyak, sebagian besar tanaman tersebut dapat dimanfaatkan bagian-bagiannya dan dari sekian banyak jenis tanaman tersebut hasilnya dapat dikonsumsi, akan tetapi untuk dijadikan sumber makanan pokok hanya beberapa saja.

Tanaman yang digunakan atau dijadikan makanan pokok itu harus dapat memenuhi karbohidrat atau protein dalam tubuh sebagai sumber tenaga, dan tanaman tersebut dikenal sebagai tanaman pangan. Beberapa jenis tanaman yang tergolong sebagai contoh tanaman pangan adalah Tanaman Serealia, misalnya padi, gandum, jagung, dll; Tanaman Kacang-Kacangan, misalnya kacang tanah, kedelai, kacang hijau, dll; dan Tanaman Umbi-Umbian, misalnya singkong, talas, ubi jalar, dll.

Dari beberapa contoh tersebut dapat kita ketahui ciri-ciri dari tanaman pangan tersebut, ciri-cirinya yaitu dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber tenaga, buah atau hasilnya dapat dimakan, rata-rata tanaman pangan merupakan tanaman semusim yang masa tumbuhnya singkat, dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment